6 Langkah Meraih Sukses Bisnis Digital Marketing dengan Memaksimalkan Sosial Media

Bisnis digital marketing – Perkembangan teknologi yang sangat pesat, memberi inovasi baru yang sangat canggih, terutama dalam memberi dan mencari informasi, salah satunya adalah media digital. Trand ini membuat banyak pengusaha yang melakukan pemasaran dengan memanfaatkan digital untuk memperkenalkan dirinya kepada masyarakat.

Disamping itu, media digital juga bisa menekan biaya yang dikeluarkan untuk melakukan promosi, tentunya hal ini sangat menguntungkan pengusaha. Terlebih bagi pengusaha baru yang ingin memperkenalkan produk yang dibuatnya.

Bisnis digital marketing umumnya memaksimalkan SOSMED (Sosial Media), mengingat banyak orang yang telah memakai SOSMED, mulai dari orang dewasa sampai anak-anak.

SOSMED Media Paling Tempat untuk Bisnis Digital Marketing Meraih Sukses

SOSMED merupakan tempat paling efektif untuk mempromosikan barang atau jasa, di mana banyak orang yang memakainya dan mencari informasi berupa gambar, tulisan atau video. Bisnis digital marketing tanpa memaksimalkan SOSMED akan memakan waktu lama untuk mendapat hasil yang diinginkan, sehingga bisa di bilang sangat tidak efektif.

Pada era digital seperti sekarang, memaksimalkan sosial media merupakan cara yang paling banyak digunakan. Mengingat penggunaan yang mudah, biaya promosi tidak besar dan langsung kepada target pasar seperti penyedia jasa penulis lepas, bisa memasarkan jasa kepada orang yang membutuhkannya.

Oleh karena itu, bisnis digital marketing dengan memaksimalkan sosial media bisa di bilang sangat tepat untuk meraih sukses. Namun anda harus memperhatikan 6 langkah meraih sukses bisnis digital marketing dengan memaksimalkan sosial media berikut:

Langkah-langkah Bisnis Digital Marketing dengan Memaksimalkan SOSMED

  1. Content Marketing yang Barkualitas
    Membuat content marketing yang berkualitas menjadi factor paling penting, sebab content memiliki peran penting dalam memberikan informasi, serta cara kerjanya sesuai dengan multimedia, sosial media, gadget dan SEO (Search Engine Optimization).
    Beberapa brand terkenal terkadang kurang mengerti, mengenai pentingnya trend dalam proses pemasaran. Salah satunya proses pemasaran yang hampir seluruhnya menggunakan digital dan sosial media sebagai tempatnya.
  2. Marketing Mobile
    Pengguna handpone atau smartphone sudah sangat meluas, mulai dari orang dewasa sampai anak-anak, sehingga membuat konten marketing berupa platform mobile (marketing mobile) harus disediakan.
    Terlebih banyak orang yang lebih memilih menggunakan mobile untuk membaca berita, menjadi informasi dan saling berkomunikasi, bahkan tidak sedikit yang berbelanja langsung menggunakan smartphone. Jadi bisnis digital marketing di tuntut untuk lebih responsift dengan gadget, sehingga bisa langsung bisa berhubungan dengan penggunanya.
  3. Integrated Digital Marketing
    Pada dasarnya content dan sosial media, memiliki cara kerja yang tidak jauh berbeda, sehingga saling berkaitan dalam meningkatkan trafik SEO. Semakin tinggi trafik, maka semakin besar kemungkinan mendapat halaman utama content yang anda buat.
    Perusahaan Google sendiri telah membuat Google+, di mana conten bisa disebarkan secara masal dalam satu langkah, jadi konsumen bisa langsung terikat secara bersamaan. Oleh karena itu, pastikan semua saling berkaitan satu dengan lainnya, sehingga bisnis digital marketing bisa lebih efektive.
  4. Continous Marketing
    Proses pemasaran yang baik tentu memiliki strategi, salah satu strategi yang terbukti menghasilkan adalah continous marketing atau update setiap saat. Pemasaran yang sudah saling berkaitan dengan sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram dan Google+ mempermudah konsumen untuk menemukan anda.
    Jadi, selain bisa melakukan pemasaran secara terus menerus di media online, anda juga bisa melakukan pemasaran secara offline, sebab tidak membutuhkan waktu lama untuk memasarkan secara online.
  5. Pemasaran Secara Personal
    Pada sebelumnya proses pemasaran melalui media cetak, pamphlet dan banner cenderung membosankan, selain itu kurang informative. Sementara dengan bisnis digital marketing seperti E-Commerce, website dan emain konsumen bisa langsung berinteraksi dengan produsen, sehingga ketika ada pertanyaan bisa langsung mendapat jawaban dari pembuat atau penjualnya.
    Selain itu, web pemasaran seperti E-Commerce dilengkapi pemindai kebiasaan orang yang membukanya mulai dari membaca data untuk mendapat informasi dan intelijen untuk memastikan produk relevan. Semua hal tersebut bisa berjalan atas dukungan teknologi, maka semua bisa berjalan secara efektive.
  6. Pemasaran Visual
    Kebanyakkan orang sekarang kurang suka mencari informasi dengan membaca, mereka lebih cenderung suka dengan visual atau gambar. Terutama dalam bentuk video yang berisi informasi, sehingga konsumen cukup mendengarkan informasi yang diberikan dalam video tersebut.
    Beberapa contoh media sosial yang sekarang menjadi trend dalam bisnis digital marketing adalah Instagram, SlideShare dan Pinterest. Jadi sebagai pengusaha, anda harus bisa memaksimalkan trand sosial media di atas untuk meraih sukses.

Itulah 6 langkah yang harus anda lakukan untuk meraih sukses dalam bisnis digital marketing dengan memaksimalkan sosial media untuk meningkatkan efektivitas, namun semuanya tidak akan bisa berjalan dengan mudah, membutuhkan kerja keras dan keyakinan yang kuat. Nah, apakah anda sudah menjalankan langkah-langkah di atas?

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *